Visi & Misi

DEPARTEMEN ILMU KOMUNIKASI

UNIVERSITAS DIPONEGORO

Departemen Ilmu Komunikasi berdiri pada tahun 1967 dengan nama Jurusan Publisitik, pada era tersebut merupakan bagian dari Fakultas Hukum dan Kemasyarakatan. Nama Jurusan Publisitik kemudian berubah menjadi Jurusan Ilmu Komunikasi pada tahun 1984. Kemudian pada tahun 2007 JurusanIlmu Komunikasi menerapkan kurikulum dengan dua konsentrasi yaitu Komunikasi Strategis dan Jurnalistik. Pada tahun 2020 konsentrasi jurnalistik berubah menjadi Mulitimedia Journalism and Content Creative, sehingga nama konsentrasi di Program Studi Ilmu Komunikasi adalah Komunikasi Strategis dan Jornalisme Multimedia dan Materi Kreatif.

Sejak pertama kali Program Studi Ilmu Komunikasi diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT),  Program Studi Ilmu Komunikasi Selalu Mendapatkan akreditasi A. Program Studi Kajian komunikasi Undip telah memiliki banyak kerjasama (MoU) dengan universitas-universitas dalam dan luar negeri terutama untuk program pertukaran pelajar dan pengembangan kurikulum.  Kerjasama juga dilakukan dengan berbagai lembaga dan perusahaan pada bidang jurnalistik dan komunikasi strategis terutama untuk penyediaan tempat magang mahasiswa dan pengembangan karier lulusan.

VISI

Terwujudnya lembaga pendidikan tinggi ilmu komunikasi yang bermutu dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) yang memiliki jejaring dan reputasi dalam lingkup nasional dan internasional pada tahun 2024.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi ilmu komunikasi yang berbasis pada penjaminan mutu
  2. Menyelenggarakan pengajaran ilmu komunikasi yang berbasis pada perkembangan mutakhir ilmu dan profesi komunikasi
  3. Melakukan penelitian di bidang ilmu komunikasi dan mempublikasikannya secara nasional dan internasional
  4. Melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan kompetensi keilmuan dan teknologi komunikasi guna pemberdayaan masyarakat
  5. Melakukan upaya penguatan jejaring dan reputasi dalam lingkup nasional dan internasional

 

KONSENTRASI

Junarlisme Multimedia dan Konten Kreatif

Konsentrasi Jurnalisme Multi Media dan Konten Kreatif bertujuan untuk menghasilkan tenaga jurnalistik profesional yang mampu merancang dan melaksanakan karya profesional di bidang jurnalistik (cetak, elektronik, media baru) berdasarkan kode etik jurnalistik. Selaian itu lulusan dari konsentrasi ini akan memiliki keuntungan untuk mengelola proyek jurnalistik dan kemampuan mendesain konten kreatif. Konsentrasi ini juga fokus untuk memberikan  lulusan memiliki bekal kemampuan jurnalisme multi platform dan keahlian uwirausahawan digital. Selain keahlian praktis untuk mengelola proyek-proyek, lulusan kuga akan mampu untuk  melaksanakan penelitian komunikasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta mampu mempresentasikan hasil penelitian di forum ilmiah dan menulis hasil penelitian dalam jurnal ilmiah.

Komunikasi Strategis

Konsentrasi komunikasi strategis bertujuan untuk menghasilkan praktisi profesional komunikasi strategis yang mampu merancang dan melaksanakan pekerjaan profesional di bidang komunikasi strategis (komunikasi pemasaran bisnis/sosial/politik, periklanan, kehumasan) dengan tetap patuh untuk menerapkan kode etik profesi. Lulusan dari konsentrasi ini juga memiliki keuntungan untuk mengelola proyek-proyek bidang komunikasi strategis dengan bimbingan dan kerjasama dengan para profesional di bidang komunikasi strategis. Selain kemampuan profesional, konsentrasi ini juga memberikan keahlian  bagi lulusannya untuk melaksanakan penelitian-penelitian komunikasi strategis dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta memiliki kemampuan untuk mempresentasikan hasil penelitian di forum ilmiah dan menulis hasil penelitian dalam jurnal ilmiah.