Semester 3

No Course Code Mata Kuliah Courses Credit Unit
1 SIK-2-1-313 Metodologi Penelitian Komunikasi Kuantitatif Quantitative Communication Research Method 3
2 SIK-2-1-310 Penulisan Kreatif Creative Writing 3
3 SIK-2-1-309 Psikologi Komunikasi Psychology Of Communication 3
4 SIK-2-1-307 Komunikasi Massa Mass Communication 3
5 SIK-2-1-306 Komunikasi Organisasi Organizational Communication 3
6 SIK-2-1-305 Komunikasi Kelompok Group Communication 3
7 SIK-2-1-311 Public Speaking Public Speaking 3
 Total Credit Unit 21

Berikut adalah detail penjelasan dari setiap mata kuliah di atas:

Semester 3
Mata Kuliah Metodologi Penelitian Komunikasi Kuantitatif
Kredit 3
Deskripsi Mata Kuliah Penelitian Kuantitatif dalam Komunikasi memberikan cakupan yang praktis dan ramah pengguna tentang bagaimana menggunakan statistik, bagaimana menafsirkan cetakan SPSS, bagaimana menulis hasil, dan bagaimana menilai apakah asumsi dari berbagai prosedur telah dipenuhi.
RPS Klik di sini
Mata Kuliah Penulisan Kreatif
Kredit 3
Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini diselenggarakan dan dikembangkan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, keterampilan analitik dan keterampilan menulis bagi mahasiswa ilmu komunikasi, baik di bidang jurnalistik maupun komunikasi strategis.
RPS Klik di sini
Mata Kuliah Psikologi Komunikasi
Kredit 3
Deskripsi Mata Kuliah Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah tingkat dasar, mempelajari fungsi mental dan perilaku manusia di komunikasi. Mata kuliah dalam mata kuliah ini dibagi menjadi empat mata kuliah, yaitu komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi intragroup, komunikasi publik, massa, dan budaya.
RPS Klik di sini
Mata Kuliah Komunikasi Massa
Kredit 3
Deskripsi Mata Kuliah Menurut Baran (2019), komunikasi massa adalah “komunikasi publik yang ditransmisikan secara elektronik atau mekanis.” Mata Kuliah ini mengeksplorasi konsep dasar, definisi, elemen, dan konteks spesifik di bidang komunikasi massa. Mata kuliah ini memberikan perhatian untuk memahami dan menganalisis kasus dan konteks komunikasi massa dengan membahas: literasi media, pengaruh media massa, bisnis media, media tertulis, media elektronik, media komunikasi strategis, dan media online.
RPS Klik di sini
Mata Kuliah Komunikasi Organisasi
Kredit 3
Deskripsi Mata Kuliah Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan mahasiswa kompetensi dalam memahami (C2), mengaplikasikan (C3), dan menganalisa (C4) konsep dan teori komunikasi organisasi yang berkaitan dengan permasalahan pendekatan dan proses dalam konteks ekonomi, politik, sosial dan budaya.
RPS Klik di sini
Mata Kuliah Komunikasi Kelompok
Kredit 3
Deskripsi Mata Kuliah Komunikasi kelompok merupakan mata kuliah yang mengenalkan mahasiswa bagaimana komunikasi dapat digunakan sebagai wahana memecahkan masalah, dan membuat keputusan.
RPS Klik di sini
Mata Kuliah Public Speaking
Kredit 3
Deskripsi Mata Kuliah Public Speaking akan mendefinisikan kebutuhan akan kemampuan berbicara di depan orang banyak sekaligus memberikan kompetensi kepada siswa untuk mengelola public speaking yang baik. Ini akan dimulai dengan pembahasan konsep dasar teori public speaking, yang meliputi: sejarah dan konsep rethoric. Selain itu, juga akan menjadi pendekatan praktis bagi mahasiswa dalam menggunakan komunikasi verbal dan verbal untuk mempresentasikan public speaking, menjadi MC, bagaimana mempresentasikan dalam situasi akademik dan mengadakan acara on air / off air.
RPS Klik di sini