Semester 3
No |
Course Code |
Mata Kuliah |
Courses |
Credit Unit |
1 |
SIK-2-1-313 |
Metodologi Penelitian Komunikasi Kuantitatif |
Quantitative Communication Research Method |
3 |
2 |
SIK-2-1-310 |
Penulisan Kreatif |
Creative Writing |
3 |
3 |
SIK-2-1-309 |
Psikologi Komunikasi |
Psychology Of Communication |
3 |
4 |
SIK-2-1-307 |
Komunikasi Massa |
Mass Communication |
3 |
5 |
SIK-2-1-306 |
Komunikasi Organisasi |
Organizational Communication |
3 |
6 |
SIK-2-1-305 |
Komunikasi Kelompok |
Group Communication |
3 |
7 |
SIK-2-1-311 |
Public Speaking |
Public Speaking |
3 |
|
|
|
Total Credit Unit |
21 |
Berikut adalah detail penjelasan dari setiap mata kuliah di atas:
Semester 3 |
Mata Kuliah |
Metodologi Penelitian Komunikasi Kuantitatif |
Kredit |
3 |
Deskripsi Mata Kuliah |
Penelitian Kuantitatif dalam Komunikasi memberikan cakupan yang praktis dan ramah pengguna tentang bagaimana menggunakan statistik, bagaimana menafsirkan cetakan SPSS, bagaimana menulis hasil, dan bagaimana menilai apakah asumsi dari berbagai prosedur telah dipenuhi. |
RPS |
Klik di sini |
Mata Kuliah |
Penulisan Kreatif |
Kredit |
3 |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini diselenggarakan dan dikembangkan untuk memberikan pemahaman, pengetahuan, keterampilan analitik dan keterampilan menulis bagi mahasiswa ilmu komunikasi, baik di bidang jurnalistik maupun komunikasi strategis. |
RPS |
Klik di sini |
Mata Kuliah |
Psikologi Komunikasi |
Kredit |
3 |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata Kuliah ini merupakan mata kuliah tingkat dasar, mempelajari fungsi mental dan perilaku manusia di komunikasi. Mata kuliah dalam mata kuliah ini dibagi menjadi empat mata kuliah, yaitu komunikasi intrapersonal, komunikasi interpersonal, komunikasi intragroup, komunikasi publik, massa, dan budaya. |
RPS |
Klik di sini |
Mata Kuliah |
Komunikasi Massa |
Kredit |
3 |
Deskripsi Mata Kuliah |
Menurut Baran (2019), komunikasi massa adalah “komunikasi publik yang ditransmisikan secara elektronik atau mekanis.” Mata Kuliah ini mengeksplorasi konsep dasar, definisi, elemen, dan konteks spesifik di bidang komunikasi massa. Mata kuliah ini memberikan perhatian untuk memahami dan menganalisis kasus dan konteks komunikasi massa dengan membahas: literasi media, pengaruh media massa, bisnis media, media tertulis, media elektronik, media komunikasi strategis, dan media online. |
RPS |
Klik di sini |
Mata Kuliah |
Komunikasi Organisasi |
Kredit |
3 |
Deskripsi Mata Kuliah |
Mata kuliah ini dirancang untuk memberikan mahasiswa kompetensi dalam memahami (C2), mengaplikasikan (C3), dan menganalisa (C4) konsep dan teori komunikasi organisasi yang berkaitan dengan permasalahan pendekatan dan proses dalam konteks ekonomi, politik, sosial dan budaya. |
RPS |
Klik di sini |
Mata Kuliah |
Komunikasi Kelompok |
Kredit |
3 |
Deskripsi Mata Kuliah |
Komunikasi kelompok merupakan mata kuliah yang mengenalkan mahasiswa bagaimana komunikasi dapat digunakan sebagai wahana memecahkan masalah, dan membuat keputusan. |
RPS |
Klik di sini |
Mata Kuliah |
Public Speaking |
Kredit |
3 |
Deskripsi Mata Kuliah |
Public Speaking akan mendefinisikan kebutuhan akan kemampuan berbicara di depan orang banyak sekaligus memberikan kompetensi kepada siswa untuk mengelola public speaking yang baik. Ini akan dimulai dengan pembahasan konsep dasar teori public speaking, yang meliputi: sejarah dan konsep rethoric. Selain itu, juga akan menjadi pendekatan praktis bagi mahasiswa dalam menggunakan komunikasi verbal dan verbal untuk mempresentasikan public speaking, menjadi MC, bagaimana mempresentasikan dalam situasi akademik dan mengadakan acara on air / off air. |
RPS |
Klik di sini |