TUGAS AKHIR KARBID

Sebagai syarat kelulusan, selain mengambil skripsi, mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Undip juga memiliki pilihan melakukan projek setara dengan skripsi yang disebut Karya Bidang. Karya Bidang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk membuktikan bahwa karyanya diterima secara profesional oleh industri yang relevan dengan peminatan yaitu bidang jurnalistik dan Komunikasi Strategis.

Biasanya Karya Bidang merupakan hasil kerjasama antara mahasiswa dari dua konsentrasi dimana mahasiswa konsentrasi Jurnalistik lebih berfokus pada produksi karya, sementara mahasiswa konsentrasi Komunikasi Strategis lebih pada komunikasi dengan  klien, manajement sponsorship dan marketing komunikasi. Selain memiliki kemampuan profesional, Karya Bidang juga membuka jaringan bagi mahasiswa dengan industri sehingga membuka peluang kesempatan kerja yang lebih luas setelah lulus.

Beberapa perusahaan yang telah menjadi mitra Ilmu Komunikasi diantaranya TVRI Jateng, iNews Semarang, Kompas TV, Radio Republik Indonesia (RRI), GOJEK, Pemkot Semarang, Kominfo Jateng. Berikut ini beberapa contoh ‘Karya Bidang’ yang telah dihasilkan mahasiswa.

  • Karya Bidang ditayangkan di iNews Semarang tahun 2014

 

  • Karya Bidang Program Harmoni Islam ditayangkan di televisi lokal, Kompas TV Jawa Tengah selama bulan Ramadhan 1435 H atau tahun 2014
  • Karya Bidang ditayangkan di TVRI Jateng tahun 2020 berupa 35 feature berdurasi 3-5 menit yang ditayangkan di Program Berita TVRI Jateng