Pimpinan Program Studi

Departemen Ilmu Komunikasi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik

Dr. Nurul Hasfi

Kepala Departemen Ilmu Komunikasi

Salam hangat dari Departemen Ilmu Komunikasi!

Departemen Ilmu Komunikasi di Universitas Diponegoro didirikan pada tahun 1967. Departemen menawarkan dua program yakni Sarjana Ilmu Komunikasi dan Magister Ilmu Komunikasi. Sarjana Ilmu Komunikasi menggunakan kurikulum yang memfokuskan pada dua macam peminatan yakni: Komunikasi Strategis dan Jurnalisme Multimedia. Sementara itu, Magister Ilmu Komunikasi memiliki dua konsentrasi yakni Kelas Media Budaya dan Komunikasi Strategis.
Departemen Ilmu Komunikasi memperoleh akreditasi A ketika pertama kali mengajukan akreditasi kepada Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan dapat mempertahankan status tersebut hingga sekarang. Setiap program studi memiliki tim penjaminan mutu khusus. Aktivitas dari tim ini meliputi evaluasi proses belajar mengajar, merumuskan dokumen belajar, mengkaji kurikulum, merumuskan prosedur manual, dan instruksi kerja. Hasil dari tim ini dapat digunakan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas akademik dari program studi.
Untuk mengembangkan kualitas pengalaman belajar, Departemen menginisiasi kolaborasi dan kemitraan dengan universitas dalam negeri dan luar negeri untuk program pertukaran pelajar serta pengembangan kurikulum. Departemen juga mengembangkan kemitraan dengan berbagai macam institusi dan perusahaan dalam lingkup jurnalisme dan komunikasi strategis, khususnya untuk membantu program Kuliah Kerja Praktik dan kesempatan karier para alumni.

S. Rouli Manalu, Ph. D

Ketua Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Dr. Yanuar Luqman

Sekretaris Program Studi S1 Ilmu Komunikasi