Prospek Lulusan

 

 

Profil dan Kompetensi

Profil lulusan Program Studi S1 Ilmu Komunikasi adalah :

  1. Profesional Komunikasi Strategis

Perancang dan pelaksana pekerjaan profesional di bidang komunikasi strategis (komunikasi pemasaran bisnis/sosial/politik, periklanan, Humas) dengan menerapkan kode etik profesi. Lulusan memiliki keunggulan untuk mengelola project.

  1. Profesional Jurnalistik

Perancang dan pelaksana pekerjaaan profesional di bidang jurnalistik (cetak, elektronik, media baru) dengan landasan kode etik jurnalistik. Lulusan memiliki keunggulan untuk mengelola project jurnalistik. Lulusan memiliki kemampuan multi-platforms jurnalistik dan digital entrepreneur.

  1. Peneliti/ Analis

Pelaksana penelitian komunikasi dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang mampu mempresentasikan hasil peneltian pada forum dan menulis hasil peneltian di jurnal ilmiah.

 

Capaian Pembelajaran Lulusan
Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

 

Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai dasar-dasar keilmuan komunikasi, dan teori komunikasi dalam level  komunikasi (interpersonal, kelompok, organisasi, massa) dan konteks komunikasi (sosial, ekonomi, politik dan budaya).
  2. Menguasai dasar-dasar dan teori komunikasi strategis dalam konteks komersial, sosial, dan politik.
  3. Menguasai dasar-dasar dan teori-teori jurnalistik yang meliputi, pengumpulan, peliputan, penulisan, penyuntingan dan publikasi berita untuk media cetak, penyiaran, dan online(multi-media jurnalistik). Menguasai dasar pengetahuan mengenai  konten kreatif dan kewirausahaan digital.
  4. Menguasai prinsip-prinsip dasar penelitian komunikasi.
  5. Menguasai prinsip-prinsip dasar filosofi keilmuan yang meliputi ontologi, epistemologi, aksiologi dan metodologi.
  6. Memiliki pengetahuan dan pemahaman terhadap pengembangan IPTEKS di bidang komunikasi.
  7. Memiliki pengetahuan mengenai pendekatan komunikasi untuk memberikan kontribusi terhadap penyelesaian masalah sosial.

 

Keterampilan Umum
  1. Mampu menerapkanpemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu menunjukkan kerja mandiri, bermutu dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasipengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain, atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun hasil kajian tersebut dalam bentuk kertas kerja, spesifikasi desain, atau esai seni, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu mengambil keputusansecara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil informasi dan data.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerjadengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
  7. Mampu bertanggung jawabatas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi serta evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diriterhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

Keterampilan Khusus
  1. Mampu menguasai keterampilan di bidang ilmu komunikasi.
  2. Mampu  mengidentifikasi dan memecahkan masalah komunikasi dengan landasan kode etik profesi.
  3. Mampu mendesain dan melaksanakan penelitian komunikasi dengan metode kualitatif maupun kuantitatif.
  4. Mampu mengelola pekerjaan profesional  bidang jurnalistik dan konten kreatif dengan landasan kode etik yang relevan. Lulusan memiliki keunggulan untuk mengelola project jurnalistik dan konten kreatif. Lulusan memiliki kemampuan dalam bidang jurnalistik multi-platforms dan kewirausahaan digital (digital entrepreneurship)
  5. Mampu membuat perencanaan hingga pelaksanaan dan evaluasi kegiatan kampanye komersial, sosial dan politik.
  6. Mampu mengoperasikan media teknologi komunikasi, berinteraksi dan bekerjasama dengan pihak lain untuk mengelola project komunikasi.
  7. Communicator (mampu berkomunikasi secara lisan dan tertulis).
  8. Professional (bekerja sesuai dengan prinsip, komitmen, menjunjung tinggi kode etik, dapat diandalkan).
  9. Leader (adaptif, tanggap terhadap lingkungan, inisiatif, menyelesaikan persoalan).
  10. Entrepreneur (etos kerja tinggi, inovatif, mandiri, motivasi, kreatif).
  11. Thinker (kritis, peneliti, belajar sepanjang hayat, kemampuan analitis, beragumen logis).
  12. Teamwork (dapat bekerjasama)
  13. Educator (menjadi agent of change).