Mengoptimalkan Potensi UMKM Desa Sudimoro melalui Edukasi dan Pelatihan Pemasaran Digital di Instagram

Posted by Admin Berita

August 23, 2024

Sudimoro, (31/07/2024) – Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sebuah bisnis atau usaha produktif yang dijalankan secara perorangan, kelompok, rumah tangga, atau badan usaha kecil yang memenuhi standar. Peran UMKM sendiri sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Meskipun memiliki kontribusi yang signifikan, UMKM masih menghadapi berbagai tantangan yang perlu diatasi agar dapat terus berkembang.

Para pelaku UMKM harus menghadapi banyaknya tantangan khususnya terkait dengan inovasi dan teknologi, literasi digital, produktivitas, branding dan dan pemasaran. Sayangnya, berdasarkan wawancara dan observasi yang dilakukan, pelaku UMKM pada Desa Sudimoro masih mengalami keterbatasan pengetahuan dalam hal pemanfaatan teknologi digital untuk pemasaran.

Menyadari pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mendukung pertumbuhan UMKM, program “Edukasi dan Pelatihan Pemasaran Digital kepada pelaku UMKM melalui media sosial Instagram” digagas oleh Kinanti Adinda Widiaputri, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP). Program ini dirancang khusus untuk pelaku UMKM Desa Sudimoro dengan edukasi menarik juga pelatihan langsung pembuatan sosial media untuk pemasaran.

Edukasi dan pelatihan yang diberikan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan pelaku UMKM dalam memanfaatkan media sosial sebagai alat pemasaran yang efektif. Edukasi dimulai dengan mengenalkan konsep dasar pemasaran digital dan bagaimana platform “Instagram” bisa menjadi alat yang kuat untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Materi yang dijelaskan juga terkait dengan pentingnya menciptakan konten yang menarik, penggunaan hashtag yang tepat, dan cara meningkatkan interaksi dengan pengikut instagram.

Setelah pemahaman dasar dijelaskan, peserta dilatih secara praktis untuk menggunakan Instagram sebagai media pemasaran. Pelatihan meliputi pembuatan akun bisnis, penyusunan profil yang menarik, hingga strategi untuk memposting konten yang konsisten. Peserta juga diajarkan cara menggunakan fitur-fitur Instagram seperti Instagram Stories, Instagram Feeds, dan Instagram Reels.

Edukasi dan pelatihan ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru yang relevan dengan kebutuhan pemasaran produk para pelaku UMKM. Program ini menjadi salah satu contoh kontribusi nyata mahasiswa KKN Universitas Diponegoro untuk mendukung penyesuaian UMKM terkait dengan inovasi dan teknologi, literasi digital, produktivitas, branding dan dan pemasaran.

Sesi Pemaparan Materi Pemasaran Digital melalui Instagram. Sumber: Dokumentasi Pribadi

Pelatihan pemasaran digital ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal yang dapat menumbuhkan rasa percaya diri yang lebih bagi pelaku UMKM di Desa Sudimoro dalam menggunakan media sosial “Instagram” sebagai platform pemasaran dan mulai merasakan manfaatnya dalam meningkatkan jangkauan pasar. Dengan pengetahuan dan keterampilan yang sudah diperoleh, para pelaku UMKM di Desa Sudimoro kini lebih siap untuk mengoptimalkan potensi produk mereka.***

More from Ilmu Komunikasi

0 Komentar

You cannot copy content of this page