Orasi Ilmiah FISIP Undip 2022, Tantangan dan Peluang Ilmu Sosial dan Politik di Era Transformasi Digital

Posted by Nur Inayah

December 23, 2022

Orasi Ilmiah yang diselenggarakan pada hari Kamis, 22 Desember 2022 di ruang Teater Gedung C Lantai 1 Kampus FISIP Undip Tembalang merupakan salah satu acara dalam rangkaian perayaan Dies Natalis ke-54 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro. Kegiatan yang mengangkat tema “Tantangan dan Peluang Ilmu Sosial dan Politik di Era Transformasi Digital” tersebut dihadiri oleh Drs Sapto Adi Sugihartono, MM., (Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Semarang), Lita Febrian, S.T., M.T., dan Okki Chandsra Ambarwati, S.Sos., M.A.P., (Bappeda Provinsi Jawa Tengah), RR Indrayani Cahyasari, SE. (Sub Koordinator Perencanaan Ekonomi Makro Bappeda Kota Semarang), Dekan FISIP Undip, Dr Drs Hardi Warsono, M.T., Wakil Dekan I FISIP Undip, Dr Drs Teguh Yuwono, M.Pol., Admin., serta Wakil Dekan II FISIP Undip, Ika Riswanti Putranti, S.H. M.H. Ph.D.

Kegiatan Orasi Ilmiah ini menjadi salah satu wadah bagi dosen FISIP Undip yang baru saja meraih gelar Doktor maupun dosen bergelar Doktor yang baru bergabung dilingkungan FISIP untuk menyosialisasikan hasil karya penelitian dan pemikiran mereka. Selain itu, kegiatan ini menjadi wadah bagi para Doktor untuk mengkontekskan pemikiran mereka dengan problem aktual yang dihadapi masyarakat di era transformasi digital saat ini.

Dalam sambutannya, Plt Walikota Semarang, Ir. Hj. Hevearita Gunaryanti Rahayu, M.Sos, yang diwakilkan oleh Drs Sapto Adi Sugihartono, MM., menyampaikan bahwa lulusan fisip berperan penting dalam mempelajari fenomena sosial. Mereka juga dibekali dengan kemampuan menganalisis masyarakat termasuk menganalisis secara kritis fenomena sosial, budaya, politik, serta mampu memberikan alternatif pemecah masalah yang ada di lingkungan masyarakat Indonesia. Dalam kaitannya dengan Transformasi suatu budaya, beliau menegaskan bahwa para praktisi fisip harus mampu mengambil peran sebagai jembatan antara kehidupan sosial dengan teknologi baru seiring dengan timbulnya problem sosial baru.

Selanjutnya, Dekan FISIP Undip juga menyampaikan bahwa program studi yang ada di FISIP undip sangat populer. Bahkan beberapa prodi seperti Hubungan Internasional dan Ilmu Komunikasi merupakan salah dua yang paling diminati oleh masyarakat. Beliau juga berharap kapasitas kemampuan dan kompetensi yang dimiliki alumus FISIP Undip sesuai dengan harapan masyarakat. Selain itu, kegiatan Orasi Ilmiah kali ini diharapkan dapat membangun kembali tradisi ilmiah yang sudah ada sejak lama. Sejalan dengan tema Dies Natalis FISIP Undip ke-54 kali ini yaitu “Membangun Bangsa dengan Karya, Membangun Negeri dengan Prestasi, Dekan FISIP Undip juga mengajak para dosen dan mahasiswa untuk turut berkompetisi dalam meraih prestasi nasional maupun internasional.

Sembilan Doktor yang menjadi narasumber dalam Orasi Ilmiah tersebut yaitu Dr Dra Augustin Rina Herawati, M.Si dari Departemen Administrasi Publik (Inovasi Kemitraan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) – Usaha Besar dengan Pemodelan Sistem Archetype (Studi kasus kemitraan UMKM dengan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk, Divisi Bogasari Flour Mills)), Teuku Afrizal, S.E., M.ENV.MGT., Ph.D., dari Departemen Administrasi Publik (Beyond Community-Based Solid Waste Management: A Development Studies Perspective), Dr Nunik Retno Herawati, S.Sos., M.Si., dari Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan (Kepemimpinan dan Manajemen ‎Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum), Wijayanto, Ph.D dari Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan (Oligarki, Ketimpangan Ekonomi dan Imajinasi Politik Kita), Bangkit Aditya Wiryawan, S.Sos., M.A., Ph.D. dari Departemen Politik dan Ilmu Pemerintahan (Dinamika kebijakan desentralisasi dan dampaknya terhadap produktivitas sektor industri), Dr Andi Wijayanto, S.Sos., M.Si. dari Departemen Administrasi Bisnis (Competitive Advantage dan Dynamic Capabilities Industri Manufaktur di Indonesia), Dr Priyotomo, S.Sos., M.M. dari Departemen Administrasi Bisnis (Transformasi Digital dalam Pencapaian Karier Dukungan Keluarga pada Situasi VUCA), Dr Sari Listyorini, S.Sos., M.AB. dari Departemen Administrasi Bisnis (Pengaruh Religiusitas terhadap Fashion InvolvementFashion KnowledgeCustomer Perceived Value, Kepuasan Konsumen, dan Patronage Intention) dan Dr Triyono Lukmantoro, S.Sos., M.Si dari Departemen Ilmu Komunikasi (Narasi-Narasi Propaganda di Media Sosial:Kajian Small Stories terhadap Grup Facebook Pendukung Jokowi (Pakde Jokowi) dan Grup Facebook Pendukung Prabowo (Prabowo untuk NKRI) dalam Kampanye Pemilihan Presiden 2019).

More from Ilmu Komunikasi

0 Komentar