Korps Mahasiswa Komunikasi (KOMAKO) Fisipol UGM kembali menggelar Festival Ajisaka UGM tahun 2019. Kompetisi tahunan di bidang komunikasi ini mendapat dukungan penuh dari Departemen Ilmu Komunikasi, Fisipol UGM, dan dipenyelenggaraan ketujuh menghadirkan 5 mata lomba utama, yaitu periklanan (Sadewa), jurnalistik (Arjuna), film (Kresna), hubungan masyarakat (Prahasta) dan penelitian komunikasi (Nakula).

Lisa Lindawati, S.IP., MA  dosen Departemen Komunikasi Fisipol UGM mengatakan gelaran festival Ajisaka merupakan ruang belajar yang cukup strategis untuk mahasiswa-mahasiswa Departemen Komunikasi UGM dan lainnya untuk berkompetisi dan saling belajar. Menurutnya ruang belajar di kelas belum cukup untuk memberi pengalaman riil pada mahasiswa terkait perkembangan industri di luar.

Sementara itu, Nandipi Noval selaku Ketua Ajisaka menambahkan untuk tahun ini Fesival Ajisaka mengangkat tema Abhipraya Darani: Meluak Plastik yang berarti Harapan Bumi: Mengurangi Plastik. Tema ini diangkat mengingat persoalan sampah plastic menjadi ancaman serius di Indonesia.

Dan pewakilan mahsiswa Departemen Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro yang mengikuti Lomba Kategori Nakula Penelitian Kawula Muda Komunikasi Strategis Meraih Juara I yaitu Tjen Maurilia Zerlin dan Mimi Sakinah Hilma. Sementara untuk kategori Lomba Riset Akademik Mahasiswa Departemen Ilmu Komunikasi  Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Diponegoro berhasil menjadi Juara III, Kategori lomba Riset Akademik di motori oleh Arlina Satiti Mugi Lara, Iffah Sofiyah Ariefah dan Gunawan Setyabudi 

Festival Ajisaka menjadi arena bagi insan kreatif untuk mengecap bagaimana industri komunikasi saat ini. Dengan semakin beragamnya manifestasi kreatifitas dalam praktik komunikasi, festival ini mencoba menghantarkan lanskap yang sesungguhnya bagi insan kreatif berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat ditempuh ketika nanti terjun ke dalam dinamika dunia komunikasi.

Sumber : https://ugm.ac.id