Banda Aceh (12/11) – Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI) kembali menyelenggarakan konferensi nasional komunikasi yang bertajuk Communication International Conference of Indonesia Communication Scholars Association 2019. Mengundang peserta yang berasal dari latar belakang Ilmu Komunikasi di berbagai wilayah Indonesia, acara ini bertujuan meningkatkan jejaring sekaligus kualitas perkembangan Ilmu Komunikasi. Topik yang diangkat tahun ini adalah Nationality Without Boundaries: Communication and Media Challenges in Building Social Solidarity.

Acara ini merupakan sebuah kegiatan yang diselenggarakan dua tahun sekali dengan mengundang para pakar komunikasi baik dari level internasional maupun nasional. Acara diikuti oleh kurang lebih 152 peneliti yang kemudian akan mempresentasikan hasil penelitian mereka ke dalam cluster-cluster yang telah ditentukan sebelumnya. Total terdapat sebelas cluster yang masih berada dalam lingkup topik yang lebih besar. Kyriad Hotel Muraya Aceh ditunjuk sebagai tempat penyelenggaraan acara yang berlangsung selama tiga hari yakni sejak tanggal 12 – 14 November 2019.

Hari pertama diawali dengan pembukaan, konferensi nasional dan sesi paralel, dilanjutkan makan malam bersama Walikota Banda Aceh di Pendopo Walikota Banda Aceh. Hari kedua dilanjutkan dengan Konferensi Internasional ISKI 2019, sesi parallel, working group meeting dan makan malam penutup bersama Plt Gubernur Aceh. Hari ketiga, acara berpindah menuju Pulau Sabang untuk melaksanakan Deklarasi Komunikasi Kebangsaan di Kilometer Nol Sabang dan diakhiri dengan ramah tamah bersama Walikota Sabang.

Departemen Ilmu Komunikasi Universitas Diponegoro  turut meramaikan dengan  mengikuti rangkaian kegiatan tersebut dan mengirimkan delapan orang perwakilan dosen antara lain: Kepala Departemen Ilmu Komunikasi Hapsari Dwiningtyas, Sekretaris Departemen Rouli Manalu, Kepala Magister Ilmu Komunikasi Nurul Hasfi, Sekretaris Magister Ilmu Komunikasi Lintang Rahmiaji, Turnomo Rahadjo, Adi Nugroho, Sri Widowati Herieningsih dan Amida Yusriana. Mereka mempresentasikan makalah yang merupakan hasil dari penelitian sepanjang tahun 2018 – 2019.